Pertaruungan yang sangat
mengundang prestise ketika dua mobil tercepat di dunia diadu
spesifikasinya. Supercar One:1 dinyatakan sebagai mobil tercepat di
dunia, kecepatannya mencapai 450 km/h. Dengan kecepatan ini Bugatti
Veyron yang memiliki rekor sebagai mobil tercepat 430 km/h harus
memberikan gelarnya sebagai mobil tercepat di dunia..
Koenigsegg, pabrikan supercar paling
hebat di dunia tengah menyiapkan mobil yang memiliki 1.400 tenaga kuda
dan bobot dengan angka unik yang sama dengan tenaganya, 1.400 kilogram.
Angka in dirancang demikian agar memiliki rasio satu banding satu (1:1)
antara tenaga dan bobotnya, sekaligus menjadi mobil produksi pertama
yang memiliki rasio seperti ini
Supercar One
Bentuk desain bodi One:1 dirancang agak
monokok, dibandingkan dengan supercar lainnya. Kemudian untuk mesin
menggunakan V8 twin-turbocharged dengan penggerak roda belakang dan
transmisi kopling ganda tujuh percepatan. Akhir tahun ini One:1 akan
dipamerkan dalam bentuk prototipe dan selanjutnya akan dijual secara
terbatas 6 unit saja. Diperkirakan mobil ini akan dipasarkan dengan
harga lebih dari US $2 juta atau sekitar Rp 2,2 miliar, dan menjadi
mobil termahal yang pernah dibuat Koenigsegg.
Bugatti Veyron 16.4
Bugatti Veyron 16.4 (EB 16/4 Veyron) adalah sebuah mobil terkuat di dunia (pada 2005). Mobil ini dibuat oleh anak perusahaan Volkswagen AG, Bugatti Automobiles SAS di pabriknya di Molsheim, Perancis, dan dijual engan merek Bugatti. Nama mobil ini diambil dari nama seorang pembalap dari Perancis, Pierre Veyron yang berhasil memenangkan 24 hours of Le Mans
pada 1939 sebagai pembalap yang mewakili perusahaan Bugatti. Menurut
Top Gear, mobil ini dibuat Perusahaan untuk eksperimen bahwa kecepatan
mobil 100 kmj dapat ditempuh dibawah 3 detik. Dibuat secara terbatas dan
memang tidak ditujukan untuk komersil, sehingga anda jangan heran jika
perusahaan asuransi tidak berani menjamin.
Mobil ini memiliki 16 silinder, 1001
tenaga kuda, mampu berakselerasi dari 0 kilometer ke 60 kilometer per
jam dalam 2,5 detik, kecepatan tertinggi 431.072 km/jam, dan harga
permulaan , $1 miliar dolar per unit. Bugatty Veyron didesain dengan
angka-angka luar biasa. Semula, mobil ini hanyalah gagasan jauh di dalam
Grup Volkswagen. Kini ia menjadi setara dengan Concorde versi jalanan.
Mobil ini dikembangkan oleh Volkswagen dan dirakit di Mosheim, France
oleh Bugatti Automobile S.A.S. Pada awal abad ke-20, nama Buggatti
identik dengan performa kelas atas. Pria Prancis, Ettore Bugatti
mendirikan perusahaan pada 1909 dan merakit mobil-mobil tur dengan
performa melegenda. Sayangnya, kerugian dan perubahan pasar memaksa
perusahaan tutup pada 1952. Perusahaan tersebut berhasil bangkit dua
kali. Akhir 1980-an, pebisnis Italia, Romano Artoli, membeli hak dan
nama Bugatti lalu membangun mobil super, EB110. Lagi, perusahaan itu
tutup pada tahun 1985. Kemudian Volkswagen membeli perusahaan pada 1998
dan menjadi pemilik Bugatti hingga kini. Mulai 2001, mereka memutuskan
membuat mobil mewah tercepat di dunia untuk versi konsumen di satu
pabriknya di Molsheim, Prancis. Bagaimana mereka membuat dan menguji
coba Veyron, sungguh berbeda dengan mobil lain di dunia.Spesifikasi
Statistik standar | |||
---|---|---|---|
Mesin pembakaran dalam | 8.0L W16, 64v DOHC quad-turbocharger mesin bensin | Kapasitas mesin dan tenaga maksimum |
7993 cc 1001 PS Super Sport: 1200 PS |
Performa | |||
Kecepatan maks | Biasa:408.47 km/jam (253 mil/jam) Super Sport: 431.072 km/jam |
||
0-100 km/jam (0-62.1 mil/jam) | 2.5 detik | 0-240 km/jam (0-149.1 mil/jam) | 9.8 detik |
0-300 km/jam (0-186.4 mil/jam) | 15 detik | 0-400 km/jam (0-248.5 mil/jam) | 50 detik |
Standing quarter-mile (402 m) | 10.2 detik pada kecepatan 230 km/jam |
Produsen | Bugatti Automobiles dan Volkswagen Group (induk) |
---|---|
Perusahaan induk | Volkswagen Group |
Masa dalam produksi | 2005–sekarang |
Perakitan | Molsheim, Alsace, Perancis |
Bentuk kerangka | Standard: 2-door coupé Variant: targa top |
Layout | Mesin longitudinal tengah, permanent all-wheel drive |
Mesin | Standard: 8.0L W16 quad-turbocharger 1001 PS Super Sport: 1200 PS |
Transmisi | 7-speed DSG sequential |
Jarak sumbu roda | 2.710 mm (106.7 in) |
Panjang | 4.462 mm (175.7 in) |
Lebar | 1.998 mm (78.7 in) |
Tinggi | 1.159 mm (45.6 in) |
Berat kosong | 1.888 kg (4,162 lb) |
Desainer | Jozef Kaban |
0 komentar:
Posting Komentar